gif criar
Nama tri manunggal diambil dari tiga rukun tangga di dusun punduhan bersatu Bulan sabit putih : keislaman yang sebenarnya Bendera merah berpilar tiga : tiga rukun tetangga semangat gotongroyong mebangun dusun Punduhan Dasar bendera warna hijau : kemakmuran warga masyarakat punduhan yang merata Cincin putih melingkar : kebersamaan dari bermacamam latar belakang .

Kelompok Ternak Sapi Punduhan


Kelompok Ternak Sapi dusun Punduhan.
Awal mula pembentukan kelompok ternak sapi ini dirangsang oleh adanya bantuan sapi dari LIPI untuk desa Sambak sekitar tahun 2004 . Adanya bantuan tersebut maka kelompok ternak terbentuk. Sebelum kelompok ini terbentuk para petani mempunyai sampingan kerja yaitu sebagai ternak kambing atau kerbau. Bantuan sapi yang dititipkan di dusun Punduhan mendapatkan 4 ekor sapi. Keberadaan sapi tersebut ternyata bertambah jumlah setelah mengalami kembang biak. Jumlah ekor saat tahun 2010 berjumlah menjadi 10 ekor sapi pokok. kelompok ternak selain mengelola peternakan juga mengelola koperasi simpan pinjam bagi anggota kelompok, yang setiap tahun mempunyai pendapatan bersih 1 ekor sapi yang diwujudkan dengan uang. kelompok melakukan perkumpulan rutin setiap bulan yaitu hari kamis pon. tempat kumpul dilakukan secara bergiliran di rumah anggota kelompok ternak.
Nama kelompok ini tidak memiliki nama identitas khusus seperti kelompok-kelompok yang lain di dalam dusun Punduhan.
Kadang ternak memiliki 6 rumah dan setiap rumah memiliki 2 kandang, sehingga kelompok ini memiliki 12 kandang. Lokasi kandang berada di dusun Punduhan bagian bawah. Tanah yang ditempati bukan milik pribadi tetapi milik warga dusun Punduhan yang disewa oleh kelompok dengan hitungan per tahun.
Sisa pembuangan atau kotoran sapi ini di kelola oleh kelompok pemuda dusun pemuda dusun Punduhan. sebelum dikelola pemuda kotoran dijual secara pribadi oleh anggota kelompok ternak. Kotoran ini juga di manfaatkan oleh kelompok untuk memupuk ladang atau sawah anggota kelompok.

Kelompok ternak saat kumpul rutin di malam hari.


Sapi bantuan LIPI yang mengalami regenerasi.

 
Memberi makan ternak bantun LIPI.


Anak sapi dari sapi bantuan.

Peternak memberi makan ternak sambil memberi sentuhan lembut pada ternaknya.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Themes | Free Song Lyrics, Cara Instal Theme Blog